5 Tradisi Lebaran di Indonesia
eaSYstem   21 Juni 2018   Dibaca 212 kali  

Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam pun merayakannya dengan penuh sua cita. Idul Fitri dilihat sebagai hari kemenangan , setelah sebulan penuh menahan hawa nafsu dan lapar. Kemenangan ini dirayakan oleh umat Muslim setelah lamanya menahan hawa nafsu.

Disaat lebaran juga banyak tradisi-tradisi yang sering di lakukan oleh masyarakat Indonesia terutama masyarakat Muslim. Apa saja tradisinya?

  1. Halal Bi Halal

Meski saat ini banyak di antara kita yang menggunakan gadget atau smartphone untuk mengucapkan selamat lebaran kepada sanak saudara dan juga teman-teman, tetapi bagi sebagian besar orang Halal Bi Halal masih tetap menjadi hal wajib dan selalu menyenangkan untuk dilakukan.

Halal Bi Halal adalah sebuah tradisi yang telah dilakukan sejak lama sekali, dimana orang akan saling menugnjungi dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar, teman-teman, kerabat, tetangga, atau bahkan mereka yang lainnya yang kita anggap penting untuk kita kunjungi.

Pada momen ini biasanya akan menjadi waktu yang tepat untuk bermaaf-maafan. Halal Bi Halal bahkan masih akan dirayakan setelah momen Lebaran berlalu dan kita kembali beraktifitas seperti biasanya, maka di tempat-tempat kita beraktifitas hal ini juga akan dirayakan, seperti : di sekolah, dikantor, atau tempat lainnya.

  1. Mudik

Mudik, tradisi yang sangat menakjubkan, bahkan mungkin Indonesia menjadi sebuah negara dengan masyarakat yang paling banyak melakukan perjalanan  pulang kampung di musim Lebaran. Tidak tanggung-tanggung, puluhan juta orang akan bepergian dan menyebrang pulau yang satu ke pulau lainnya, bayangkan betapa mudik telah menjadi sebuah tradisi yang sangat besar dan masih selalu dijalankan hingga saat ini.

  1. Ketupat

Lebaran dengna ketupat tentu telah menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Panganan khas lebaran ini biasanya akan disajikan bersama opor, rending,semur,kerupuk udang dan beberapa jenis tambahan lainnya. Meski terbilang memiliki cara penyajian yang berbeda-beda pada tiap daerah di Indonesia, namun ketupat telah menjadi sebuah panganan wajib yang selalu di sajikan ketika perayaan lebaran.

  1. THR

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah sejumlah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawannya di Hari Raya, jumlahnya akan disesuaikan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sejumlah uang tersebut dimaksudkan sebagai hadiah atau pemberian istimewa pada momen yang istimewa seperti hari Lebaran.

Namun, bukan hanya perusahaan saja yang akan memberikan THR kepada karyawannya. Masyarakat juga memiliki sebuah tradisi pemberian THR kepada anak-anak, dimana yang memberikan THR ini biasanya orang-orang Dewasa yang telah bekerja dan memiliki penghasilan. Pemberian THR menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak-anak dengan bahagia.

  1. Baju Baru

Tradisi menggunakan baju baru ketika Lebaran, juga menjadi salah satu tradisi yang begitu lekat dan selalu dijalankan oleh banyak orang. Meski hanya sebagai symbol atau kebiasaan saja, tetapi hal ini hamper selalu identic dengan perayaan Lebaran setiap tahunnya.

Sumber : www(dot)cermati(dot)com

 
Tags :
Lebaran lifestyle

Bagikan :