Kuliah itu Penting ?
eaSYstem   06 Juni 2018   Dibaca 322 kali  

  1. Kuliah itu penting untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Sistem pendidikan yang ada saat ini pada level SMA,MA,SMK atau sekolah kejuruan lainnya masih relatif umum, atau jikapun sudah ada penjurusan belum sampai pada level siap kerja dari sisi keterampilan dan pengetahuan. Kuliah adalah proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah.

Jika mau focus orientasi bekerja atau wiraswasta mereka yang lulusan SMA/MA, perkuliahan jalur akademis (sarjana) adalah pilihan yang tepat, sedangkan bagi mereka yang lulusan SMK/Sekolah Menegah Kejuruan, maka pilihan untuk kuliah di jalur vokasi (diploma) lebih tepat karena berorientasi pada keterampilan kerja praktis yang sudah mereka dapatkan dari sekolah kejuruan sebelumnya. Pada prinsipnya, sekolah menengah itu masih tahap awal, jadi jangan sampai berhenti di situ karena keterampilan dan pengetahuannya masih belum cukup siap untuk bekerja.

  1. Jangan Bangga, Kuliah Sekarang Ini Adalah Standar Pendidikan Terendah

Jaman sudah berubah, dulu kuliah dan mendapat gelar sarjana merupakan sesuatu yang mewah di mata masyarakat, tapi sekarang jumlah sarjana sudah sangat banyak. Semua lowongan sekarang menggunakan standar minimal ijazah sarjana atau setidaknya diploma dan itupun sebagian besar dari mereka malah belum mendapatkan pekerjaan alias menganggur.

Nah, terbayang bukan, jika yang sudah lulus kuliah saja bisa mengaggur, bagaimana yang hanya sampai pendidikann SMA/SMK? Itu mengapa kuliah sangat penting.

  1. Makin Tinggi Pendidikan, Peluang Kerja juga Semakin Besar

Makin tinggi pendidikan kesempatan karir makin luas. Jika Cuma SMA saja, peluangnya juga terbatas. Ingat, saat ini, syarat minimum sebuah pekerjaan bukan sudah SMK lagi tapi minimal sudah D3 atau S1. Apapun pekerjaan yang kamu idamkan , kuliah adalah jalan untuk mendapatkan bekal di dunia kerja nantinya.

  1. Kuliah Membuka Wawasan dan Pengetahuan Membuat Pola Pikir Menjadi Lebih Dewasa

Dalam perkuliahan, mahasiswa tidak hanya belajar tetang materi kuliah untuk mendapatkan nilai dan ijazah saja. Pergaulan mahasiswa dalam dunia kampus juga bermanfaat untuk mengembangkan kepribadian dan merubah sudut pandang kita terhadap suatu hal ke arah yang lebih baik. Seingkali, saat bekerja nantinya, orang yang kuliah lebih mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, memandang masalah dari berbagai sudut pandang dan juga lebih mampu memikirkan berbagai jalan untuk menemukan solusi dibandingkan dengan orang yang tidak kuliah.

  1. Bagi yang Ingin Karir di Dunia Akademis, Kuliah bisa Jadi Jalan untuk Pendidikan yang Lebih Tinggi Lagi

Sistem perkuliahan di tanah air adalah berjenjang mulai dari strata 1, 2 sampai level doctor (strata 3). Bagi  yang bergerak dibidang akademis, punya cita-cita jadi doctor merupakan keharusan, atau bahkan jadi professo, bisa jadi sebuah impian. Untuk mewujudkan cita-cita itu satu-satunya jalan adalah berkuliah setahap demi setahap, jalanilah dulu kuliah sampai tahap S1 baru memikirkan ke tingkat berikutnya.

  1. Menuntut Ilmu Setinggi Mungkin Bisa Meningkatkan Derajat Kita di Mata Manusia

Bagi pemeluk agama apapun pasti ada ajaran untuk menuntut ilmu setinggi mungkin dan terus untuk belajar. Misalnya saja sebagai seorang muslim ada keyakinan bahwa mereka yang menuntut ilmu, Allah akan meninggikan derajatnya dan menguatkan kedudukannya. Lulusan sarjana tentu dipandang lebih baik di masyarakat dibandingkan yang tidak kuliah. Itulah alasan penting kenapa harus kuliah.

  1. Dengan Kuliah Kamu Punya Peluang Karir yang Lebih Baik untuk Menjadi Orang Kaya

Inti dari kuliah adalah agar bisa berkarir yang lebih baik lagi untuk sukses dan menjadi orang kaya. Lulusan sarjana punya banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan-pekerjaan bonafit yang mengharuskan memiliki gelar akademik yang tinggi. Coba kamu perhatikan, beberapa direktur perusahaan besar pasti memiliki level pendidikan yang baik.

Profesi keren lain seperti Insinyur,  dokter dan sebagainya juga akan berbanding lurus dengan gaji yang didapatkan. Disisi lain kuliah juga bisa menjadikan orang kaya ilmu dan bermanfaat bagi sesama.

 

Lakukanlah apa yang kau sukai dan lakukanlah apa yang kamu pikir terbaik J

Sumber : www(dot)cermati(dot)com

 
Tags :
lifestyle remaja pendidikan

Bagikan :