Manfaat Teh Manis Bagi Tubuh
eaSYstem   13 Agustus 2018   Dibaca 377 kali  

Manfaat Teh Manis Bagi Tubuh

Siapa yang tidak mengenal teh? Minuman ini merupakan termasuk minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia baik dari kalangan bawah hingga atas. Dalam mengkonsumsinya, teh dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin dengan campuran gula ataupun tidak, atau bahkan dicampur dengan bahan lain seperti susu dan semacamnya.

Namun apakah Anda tahu? Di negera lain seperti China, Vietnam maupun jepang teh layak dikonsumsi tanpa menggunakan campuran apapun. Bagi warga Indonesia yang gemar menikmati konsumsi teh manis, ada baiknya apabila Anda tidak perlu memberikan terlalu banyak gula karena dikawatirkan akan merusak kandungan dan nutrisi di dalam teh tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa teh hangat manis merupakan sajian yang paling umum untuk dihidangkan. Karena selain nikmat, manisnya gula serta hangatnya teh juga dapat melegakan tenggorokan. Artikel ini akan membahas mengenai manfaat teh manis.

Kandungan Teh

Secara umum, teh memiliki kandungan sebagai berikut:

Asam amino L-tehanine yang berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh
Anti oksidan, yaitu Polifenol (yang jumlahnya 10 kali lipat dibandingkan dengan sayuran) dan flavonoid. Polifenol di dalam teh ini berupa katekin dan flovanol.
Quercetin, kaempfrol dan myricetin (yang berguna untuk mencegah pengapuran pembuluh darah)
Serta kafein yang jumlahnya kira-kira sebanyak 40 mg per cangkir teh
Selain itu, teh juga diyakini mengandung monocitrat dan fluoride dalam bentuk manganese, zinc serta potassium
Sedangkan berdasarkan penelitian lain, teh memiliki kandungan nutrisi per 100 gram teh yang dijelaskan dalam tabel berikut.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Teh per 100 gram

Kandungan Jumlah
Energi 132 kkal
Protein 19,5 gr
Lemak 0,7 gr
Karbohidrat 67,8 gr
Kalsium 717 mg
Fosfor 265 mg
Zat Besi 12 mg
Vitamin A 2095 IU
Vitamin B1 0,01 mg
Vitamin C 0 mg
Manfaat Konsumsi Teh

Berikut merupakan manfaat teh manis yang berguna bagi tubuh, antara lain:

1. Membantu tubuh dalam membuang racun

Hangatnya air teh yang Anda konsumsi dapat memberikan manfaat bagi tubuh dalam proses melancarkan pencernaan sehingga baik untuk membantu membuang racun di dalam tubuh Anda. Bukan hanya itu, hangatnya air teh manis yang Anda konsumsi juga dapat membantu menormalkan sistem peredaran darah dalam tubuh Anda.

2. Meningkatkan imunitas tubuh Anda

Kandungan antioksidan dalam teh yang Anda konsumsi dapat membantu Anda dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Kandungan flavonoid dalam teh secara khusus diketahui dapat membersihkan tubuh Anda dari berbagi macam radikal bebas dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda dalam menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu, dalam sebuah penelitian di labolatorium juga diketahui bahwa teh mengandung substansi yang dapat membantu tubuh dalam melawan bakteri, virus dan jamur.

3. Membantu mengobati sakit kepala

Terkadang orang yang menderita sakit kepala mengkonsumsi teh manis hangat untuk meredakannya. Selain karena hangatnya teh dapat membantu menormalkan peredaran darah, teh juga mengandung kafein ang dapat membantu memberikan rasa rileks pada tubuh yang dapat membantu proses penyembuhan sakit kepala. Hal ini tidak heran, karena konsumsi teh hangat manis dapat memberikan efek yang menangkan secara psikologis yang membuat Anda merasa hangat dan nyaman.

 
Tags :
Kesehatan

Bagikan :