MANFAAT MENGUNYAH PERMEN KARET UNTUK KESEHATAN
eaSYstem   27 September 2018   Dibaca 282 kali  

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat mengunyah permen karet yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini dikarenakan ketika mengunyah permen karet, aliran darah di otak dan denyut jantung akan meningkat serta akan membuat peredarah oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ketika Anda mengunyah permen karet (bebas gula) secara rutin, terutama setelah makan dan selama sekitar 20 menit, mengunyah permen karet dapat membantu dalam produksi air liur. Sehingga dapat efektif dalam mengatasi bakteri pada mulut.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Selain dapat menjaga kesehatan mulut, mengunyah permen karet ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada gigi. Hal ini dikarenakan permen karet (yang mengndung xylitol) dapat mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

4. Membuat Wajah Menjadi Terlihat Lebih Segar

Manfaat mengunyah permen karet yang selanjutnya juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu membuat wajah Anda terlihat lebih segar secara alami. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet sama halnya dengan melakukan senam wajah yang melatih kekencangan pada bagian kulit wajah, yang selanjutnya dapat membuat aliran darah pada wajah akan lebih lancar.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengunyah permen karet juga dipercaya dapat membuat nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Selain itu, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil juga menjadi berkurang. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan, perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang rutin.

5. Mengatasi Rasa Mual

Mengunyah permen karet setelah makan juga dapat membantu mengatasi rasa mual dengan cara mengurangi asam lambung. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur menjadi meningkat sehingga dapat membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Dengan produksi air liur yang meningkat dan turun ke dalam perut dapat mencegah terjadinya asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

6. Memperbaiki Suasana Hati

Mengunyah permen karet merupakan cara terbaik untuk mengurangi bahkan mengatasi depresi, kecemasan, ataupun stress. Hal ini dikarenakan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stres akan menurun kadarnya ketika Anda mengunyah permen karet.

7. Kesehatan Sistem Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat permen karet yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur atau saliva dalam mulut yang dapat meningkatkan proses pencernaan makanan yang lebih baik.

 

 
Tags :
kesehatan

Bagikan :