3 Manfaat Psikologis Dari Bermain Game MOBA Kayak Dota 2 dan Mobile Legends
eaSYstem   26 Juli 2018   Dibaca 220 kali  

Game Mobile Legends terbukti bisa membuat orang dari berbagai kalangan mendadak jadi gamers. Buktinya, HAI pernah lihat tuh satpam di mal, mbak-mbak SPG, abang es doger, sampai bapak-bapak kantoran lagi mainin game ini. Kalau dulu nggak banyak yang bisa mainin Moba kayak Dota 2, sekarang semua bisa jadi salah satunya.

Berdasarkan penelitian HAI ke 100 pemain Mobile Legends, ketahuan tuh bahwa kebanyakan darinya bisa main lebih dari 10 match dalam sehari. Ada 25% yang menyatakan demikian, sementara 23%-nya lagi main 5 match dalam sehari. Itu sudah membuktikan betapa game jenis Moba satu ini emang bikin nagih.

Pertanyaannya, apakah bermain game ini cuma jadi aktivitas buang-buang waktu?

Nyatanya, ahli psikologi menyatakan bahwa ada sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan bermain game jenis Moba ini. Yaitu:

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Berpikir Kritis

Sadar nggak sadar, ketika memainkan game Moba kita jadi terbawa ke situasi perang. Karena itu, kita jadi terbiasa membaca situasi, mengendalikan tekanan sambil tetap putar otak untuk mencari strategi agar tetap bisa menang.

Saat lagi duel dengan musuh di medan perang pun kita mesti punya perhitungan matang tentang kapan kita mesti menyerang, kapan mesti menggunakan skill dan ulti, dan kapan harus mundur. Hal tersebut menambah ketangkasan kita dalam menghadapi masalah-masalah.

Di setiap game Moba, kita juga mesti memilih hero yang berbagai jenis peran dan skill-nya itu. Kemampuan kita untuk menyesuaikan pilihan peran dan skill dengan apa yang dibutuhkan tim juga mengasah kemampuan kognitif kita, tuh.

Ahli psikologi menyebutkan bahwa bermain game Moba juga terbukti meningkatkan intelejensi spasial serta kreativitas dalam penyelesaian masalah.

2. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Teamwork

Kemenangan di pertarungan di game Moba itu nggak mungkin cuma karena peran satu orang saja. Kerjasama tim dibutuhin banget.

Nah, seringnya, kita bermain dengan teman yang nggak ada satu lokasi dengan kita. Ya namanya juga game online, bro. Jadi, kita cuma bisa menyampaikan pesan ke mereka lewat fitur chat dengan kalimat terbatas.

Itulah mengapa kemampuan komunikasi jadi penting banget di game Moba. Ketika tim kita lagi nggak terarah serangannya, kita ditantang untuk bisa memberitahu mereka. Tentu bukan dengan cuma ngejek dan berkata kasar, lho, yah. Melainkan dengan memotivasi.

Kamu pasti ngerasain sendiri kalau lagi main Mobile Legends, tuh, betapa kalimat "Hang On We Will Win" akan jauh lebih memotivasi dirimu dari pada ajakan "Surrender" tiba-tiba.

Selain itu, kerja tim akan terlatih juga di Moba. Kita akan terbiasa saling bantu teman kita dalam serangan.


3. Belajar Mengendalikan Emosi

Saat berada dalam tekanan, kita kerap merasa tegang dan emosi. Banyak pemain Moba yang mewujudkan hal tersebut dengan ngomong kasar atau sebaliknya, menyerah terus ngajuin "Surrender"

Itulah mengapa game Moba melatih kita untuk mengendalikan emosi. Dampaknya, kecerdasan emosi kita jadi meningkat, bro.


Tapi sekali lagi, yah, semua manfaat ini baru akan terasa kalau kita mainnya secara positif.

 
Tags :
Kesehatan

Bagikan :