Tips mengatasi blue screen pada windows 7
eaSYstem   18 Juli 2018   Dibaca 259 kali  

Salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pengguna windows adalah adanya Blue Screen. Masalah yang satu ini bisa saja terjadi dan menyerang baik itu pada komputer ataupun laptop. Blue screen atau yang sebenarnya bernama Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi dimana Windows hanya akan memunculkan warna biru pada layar monitor. BSOD ini muncul karena adanya sebuah kesalahan yang ada pada software ataupun hardware yang ada pada laptop atau komputer tersebut.

Penyebab dari Blue Screen of Death

Penyebab eror pada laptop ataupun komputer memang biasanya terjadi pada software ataupun hardware yang ada pada laptop dan komputer. Begitu juga dengan Blue Screen of Death atau BSOD ini. Penyebab dari BSOD ini juga bisa disebabkan dengan adanya kerusakan baik itu pada hardware ataupun software yang mengalami crash terlalu parah. Crash ini terjadi karena adanya proses ketika Windows bertemu dengan Error STOP yang kemudian menyebabkan kegagalan dari berprosesnya Windows dan menyebabkan Windows berhenti untuk bekerja. Ketika hal ini terjadi, biasanya akan langsung dilakukan restart pada laptop atau komputer tersebut.

Memang, kendala yang muncul tidak hanya pada Windows 7 ini memang sedikit menjengkelkan dan mungkin akan menganggu pekerjaan yang anda lakukan. Apalagi ketika anda masih mengetik atau melakukan pekerjaan dengan komputer anda yang nantinya apa yang anda kerjakan akan menghilang karena anda tidak ada kesempatan untuk menyimpan data anda tersebut. Ketika Blue Screen of Death ini akan muncul juga dengan adanya tampilan tentang crash yang terjadi pada Hardisk yang juga disebut dengan Minidump. Nah, ketika hal ini terjadi cara pertama yang harus anda hindari adalah jangan panic dan lakukan step-step cara memperbaiki Blue Screen of Death berikut ini.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

Cara pertama untuk memberikan pertolongan ketika komputer sudah mengalami masalah adalah sebagai berikut;

1. Lakukan Restart Komputer

pertama yang memang harus dilakukan adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu pada komputer atau laptop. Restart dilakukan dengan cara tekan tombol restarst kemudian tunggu.

Tunggu hingga komputer atau laptop selesai melakukan booting. Setelah booting selesai jika komputer memang belum mengalami kerusakan yang parah akan langsung kembali normal. Namun, ketika cara ini juga tidak bisa mengatasi Blue Screen of Death, maka selanjutnya anda bisa melakukan langkah yang kedua berikut ini.

2. Menggunakan Cara System Restore

Selain restart, pertolongan pertama yang bisa anda lakukan ketika komputer atau laptop baru saja mengalami Blue Screen adalah dengan melakukan system restore pada komputer.

1. Matikan Komputer atau Laptop Terlebih dahulu

Pertama-tama, matikan terlebih dahulu komputer yang sudah memunculkan blue screen tadi dengan cara tekan power button yang ada pada komputer kemudian tahan hingga komputer dalam keadaan off yang sempurna. 

2. Nyalakan kembali komputer atau laptop

3. Klik F8

Setelah komputer dinyalakan dalam keadaan booting klik F8. Berikutnya anda akan masuk ke dalam jendela yang menunjukan pilihan booting.

4. Pilih Safe Mode

PIlih booting safe mode kemudian tunggu hingga booting safe mode selesai.

5. Masuk ke Operasi Sistem Safe Mode

Untuk metode ini selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik start windows >> control panel >> system & security >> action center >> recovery >> open system restore >> next >> next >> finish >> yes.

6. Komputer Restart Otomatis

 
Tags :
tips

Bagikan :