7 Manfaat Kopi untuk Kesehatan.
eaSYstem   25 April 2018   Dibaca 389 kali  

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Sumber: Wikipedia.

Nutrisi pada kopi :

  1. Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
  2. Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
  3. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
  4. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Selain nikmat diminum kopi juga memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kopi diantaranya adalah :

  1. Menambah Stamina.

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

  1. Mencegah Kanker.

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut Kita.

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes.

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia.

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

  1. Mencegah Parkinson.

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

  1. Meningkatkan Mood.

Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan.

sumber : https://manfaat.co.id/ (dengan sedikit perubahan)

 
Tags :
Kesehatan manfaat kopi

Bagikan :