6 cara menampilkan On-Screen Keyboard pada Windows 10
eaSYstem   28 Agustus 2018   Dibaca 175 kali  

Meskipun tidak menggunakan teknologi touchscreen, layar komputer laptop kita dapat menampilkan keyboard virtual seperti gambar di atas. Namun tetap saja, walau sudah muncul bukan berarti bisa disentuh buat mengetik. Cara pemakaian yang benar dengan mengeklik per tombol menggunakan bantuan mouse.

Memang tidak membuat lebih simpel. Saya sendiri jarang menggunakan karena ribet. Akan tetapi, adakalanya On-Screen Keyboard gunanya sangat penting: buat penyelamat bila keyboard fisik rusak atau tidak bisa digunakan. Bahkan saya pernah dengar login akun penting akan lebih aman bila input password-nya menggunakan keyboard pada layar itu.

Cara menampilkan On-Screen Keyboard pada Windows 10

Entah itu fakta atau hoax, tetapi saya yakin suatu saat Anda memerlukannya. Daripada cari taunya saat papan ketik sudah terlanjur rusak dan tanya Google tidak bisa input kata kunci, lebih baik sekarang saja. Dengan begitu nanti tidak kesusahan. Dan berdasarkan info yang berhasil saya kumpulkan, setidaknya ada enam cara memunculkan On-Screen Keyboard.

1. Melalui taskbar

cara menampilkan On Screen Keyboard
cara menampilkan On-Screen Keyboard

Cara pertama adalah melalui taskbar. Gambar di atas adalah Windows 10 setting default. Saya belum merubah apa-apa. Di bagian samping jam, ada icon keyboard. Saat diklik kanan menggunakan mouse atau touchpad, maka keyboard virtual akan langsung muncul di layar bagian bawah.

Bila belum ada icon tersebut, caranya adalah arahkan pointer pada taskbar. Kemudian klik kanan, lalu akan muncul box. Centang seperti gambar di atas.

2. Melalui setting

Cara memunculkan On Screen Keyboard
Cara memunculkan On-Screen Keyboard

Cara lainnya melalui Setting atau Pengaturan. Pertama, buka Setting, kemudian pilih Easy If Access. Lalu pada option Keyboard switch on pada sub menu Turn on the On Screen Keyboard. Pada tahap itu seharusnya sudah bisa muncul. Jika keyboard fisik masih berfungsi, ada tips agar buka Setting lebih cepat, yaitu shortcut WinKey+l.

3. Melalui Control Panel

Cara mengaktifkan keyboard virtual pada layar komputer
Cara mengaktifkan keyboard virtual pada layar komputer

Buka Control Panel Control Panel > Ease of Access > Ease of Access Center > Start On-Screen Keyboard. Untuk shorcut-nya menggunakan keyboard bisa pakai (WinKey + U).

Tiga cara buka keyboard virtual pada layar komputer laptop di atas bisa dilakukan tanpa bantuan keyboard fisik. Kalau masih bisa digunakan karena yang rusak hanya beberapa tombol, tips lainnya bisa sebagai berikut.

Baca juga: Nama bagian-bagian komputer dalam bahasa Indonesia

4. Melalui Windows Run

Cara memunculkan keyboard virtual
Cara memunculkan keyboard virtual

Cara ini yang paling gampang sekaligus cepat. Pencet saja tombol Win+R, maka kotak RUN akan muncul seperti gambar atas. Selanjutnya ketikkan OSK dan klik OK atau tekan Enter untuk memunculkan On-Screen Keyboard.

5. Melalui Search (Cortana)

Cara memunculkan On-Screen Keyboard
Cara memunculkan On-Screen Keyboard

Klik icon pencarian pada taskbar. Kemudian tuliskan On-Screen Keyboard dalam kolomnya. Maka akan muncul beberapa hasil pencarian. Pilihlah yang sesuai kebutuhan ya…

Cara ini bisa juga dipakai menggunakan voice command. Lagi-lagi tanpa keyboard fisik. Namun, tentunya hanya bisa dilakukan jika Setting Cortananya sudah diaktifkan.

6. Melalui Command Prompt

Cara memunculkan keyboard virtual
Cara memunculkan keyboard virtual

Cara terakhir memunculkan keyboard virtual pada layar komputer desktop atau laptop dengan sistem operasi Windows 10 adalah dengan command prompt. Kode perintah yang harus diketikan masih sama seperti cara nomor empat, yaitu OSK.

 

 

sumber : https://interogator.com

 

Bagikan :