Cara Membuka Kunci Android, Yang Lupa Pola, Password Dan PIN
eaSYstem   16 Agustus 2018   Dibaca 2600 kali  

Sebagai sebuah perangkat ponsel pintar, tentu saja smartphone sudah memiliki sistem keamanan tersendiri. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data, apabila ponsel android kamu hilang dicuri atau ditemukan orang lain. Untuk itulah diberikan fitur kunci layar menggunakan pola, password dan PIN, agar penyalahgunaan data tidak mudah terjadi.

Terkadang para pemilik ponsel pintar, membuat sebuah pola ataupun password menggunakan kombinasi yang sulit diingat. Sehingga si pemilik sendiri bisa saja lupa dengan kombinasai tersebut. Pada akhirnya membuat smartphone-nya terblokir, dan tidak bisa diakses oleh si pemilik ponsel itu sendiri. Bila hal itu terjadi pada hp android kamu, coba gunakan beberapa cara dibawah ini untuk bisa membukanya kembali.

1. Menggunakan fitur forgot password/pattern

email-cara-membuka-kunci-android

Semua ponsel android memang mengharuskan penggunanya untuk login menggunakan email, hal ini tentu bukan tanpa alasan. Karena ketika kamu lupa dengan kunci pola atau password ponselmu, kamu bisa mengembalikannya menggunakan email yang kamu daftarkan pada smartphone-mu sebelumnya. Dengan catatan kamu harus ingat juga dengan password email-mu, dan koneksi internet pada ponsel juga harus terhubung.

  1. Bila sudah lebih dari 5 kali kamu salah memasukan passwod, biasanya akan muncul pilihan forgot password/pattern.
  2. Kamu pilih forgot password/pattern, kemudian kamu akan diminta memasukan email dan password yang kamu gunakan pada smartphone tersebut.
  3. Jika berhasil maka kamu akan dibawa ke halaman berikutnya, yang memungkinkan kamu untuk mereset ulang pola atau password kamu.
  4. Selanjutnya kamu tinggal masukan pola atau password baru yang kamu inginkan, atau kamu bisa menonaktifkan kunci layarnya dengan keluar dari halaman tersebut.
 

2. Menggunakan panggilan telpon

Cara membuka kunci android yang kedua ini bisa membantu, apabila cara pertama tidak berhasil karena smartphone kamu tidak terhubung ke internet. Tahapannya sebagai berikut:

  1. Lakukan panggilan telpon ke android yang terkunci menggunakan ponsel lain.
  2. Jawab panggilan tersebut, tapi jangan langsung dimatikan.
  3. Tekan tombol home, kemudian kamu matikan fitur kunci pola atau passwordnya melalui menu pengaturan.
  4. Atau kamu bisa mengaktifkan paket datanya, agar kamu bisa menerapkan cara pertama yang menggunakan fitur forgot password.
  5. Cara kedua ini bisa berhasil pada beberapa ponsel android saja, tergantung dari merknya.

3. Reset factory melalui recovery mode

reset-factory-cara-membuka-kunci-android

Cara ini merupakan yang paling ampuh, tapi memiliki resiko yang cukup besar. Karena bila kamu mengembalikan smartphone kamu ke pengaturan pabrik, akan membuat semua data yang kamu simpan di memori internal akan terhapus.

  1. Pertama pastikan baterai ponselmu masih tersisa setidaknya 70%, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  2. Kemudian matikan smartphone kamu terlebih dahulu.
  3. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Volume Up + Power/Down (berbeda-beda tergantung dari OS android dan merk ponselnya), tahan kedua tombol tersebut sampai muncul logo android.
  4. Pilih recovery mode, nanti akan muncul logo android dan segitiga. Kemudian tekan lagi tombol volume + Power untuk masuk ke recovery mode.
  5. Lalu pilih wipe data/factory reset, lalu pilih “yes" untuk mengembalikan smartphone kamu ke pengaturan pabrik. (semua data dan file pada memori internal akan terhapus, kecuali aplikasi bawaan pabrik)
  6. Saat proses reset factory selesai, maka ponsel kamu akan kembali seperti baru. Dan kunci pola atau passwordnya menjadi nonaktif.

Dari ketiga cara di atas yang paling ampuh adalah mereset factory smartphone kamu, namun konsekuensinya file yang tersimpan pada memori ponsel akan terhapus. Jadi ada baiknya kamu melakukan backup data pada smartphone milikmu secara berkala, agar file kamu bisa dikembalikan lagi setelah melakukan reset factory. Demikian cara membuka kunci android untuk yang lupa dengan kombinasi password, PIN atau pola kunci pada android.

 

Bagikan :