4 Kebiasaan yang Berbahaya bagi Kesehatan
eaSYstem   15 Agustus 2018   Dibaca 2543 kali  

Setiap orang memiliki kegiatan dan kebiasaan yang baik disadari maupun tidak disadari mereka lakukan setiap harinya. Namun, ada beberapa hal yang ternyata dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Dilansir Boldsky, ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hindari untuk dilakukan sehari-hari atau kapanpun. 

1. Duduk terlalu lama Tak jarang sehari-hari

Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk. Baik saat bekerja, maupun mereka yang masih duduk di bangku kuliah. Tak jarang yang duduk dalam waktu lebih dari delapan jam sehari karena tuntutan aktivitas.

Padahal, ini adalah salah satu hal yang sangat berbahaya karena duduk dalam waktu yang terlalu lama memicu obesitas, meningkatkan resiko stroke, tekanan darah tinggi, dan kolestrol.

2. Postur bungkuk

 

Postur tubuh yang bungkuk bukan menjadi keinginan setiap orang. Namun, tak jarang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki postur tersebut saat berdiri maupun berjalan, bahkan hingga duduk.

Tidak hanya terlihat buruk, postur bungkuk ternyata juga mempengaruhi kesehatan. Dalam jangka pendek, ini dapat menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan leher.

Kemudian, dalam jangka panjang keluhan kesehatan lainnya yang dapat dialami adalah spondilitis, anomali vertebra, hingga membuat punuk di punggung berkembang.

Sadari dengan cepat saat tubuh Anda berada dalam posisi bungkuk dan perbaiki segera. Dengan rutin menjaga postur, secara otomatis tubuh mempertahankan postur tegap seperti yang seharusnya.

3. Terlalu memikirkan berat badan

Banyak orang yang khawatir dapat mengalami obesitas. Tak sedikit yang mengacu kepada berat badan dan sangat khawatir apabila timbangan mereka memiliki angka yang besar atau bergerak jauh ke kanan.

Padahal, terlalu memikirkan berat badan tanpa memperhatikan kondisi tubuh yang sebenarnya hanya akan membuat Anda mudah stres. Pada akhirnya itu berpengaruh pada kesehatan mental, yang bukan tak mungkin berujung kepada depresi maupun melakukan hal-hal nekad.

4. Tidur pada jam ganjil saat siang dan malam

Terkadang Anda ingin tidur di jam-jam yang terkesan 'ganjil' atau tidak seharusnya dalam satu hari. Seperti tidur pada pukul 4 di sore hari dan kemudian pukul 1 pagi. Padahal, tubuh sebenarnya membutuhkan rutinitas yang tepat setiap harinya untuk beristirahat.

Dengan memiliki jam tidur yang rutin dan tepat setiap harinya, seperti tidur pukul 10 malam untuk beristirahat Anda dapat mengurangi energi yang keluar terlalu banyak.

Temukan waktu rutin yang memungkinkan Anda dapat beristirahat dengan cukup yaitu delapan jam setiapnya. Ketidakstabilan jam tidur dapat menyebabkan insomnia, gangguan pencernaan, dan dalam jangka panjang stres.

 

Bagikan :