5 Cara Vlogging / Membuat Vlog dengan HP Android
eaSYstem   13 Agustus 2018   Dibaca 2604 kali  

 

Kalau belum ada kamera atau action cam, bisa di coba cara yang akan saya bagikan Cara Membuat Vlog dengan Kamera Android. Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan supaya ponsel anda bisa digunakan untuk ngevlog dengan baik / menghasilkan hasil yang memuaskan.

1. Backlighting

Backlighting / lampu latar merupakan hal yang penting atau hal yang harus dan wajib diperhatikan saat membuat video vlog menggunakan smartphone. Mengapa saya mengatakan bahwa ini penting ? Karena anda pasti bisa melihat wajah orang saat menyalakan backlight tapi biasanya kamera hanya akan menangkap gelap saja / muka orangnya atau biasa sisebut dengan objek akan terlihat hitam. Hal ini tentu hal yang harus sangat diperhatikan bukan ? kemdian bagaimana cara mengatasi ? cara mengatasinya adalah aturlah cahaya saat melakukan perekaman atau bisa dengan cara mencari posisi agar pencahayaan pas.

 

2. Editing

Mengedit adalah sebuah kegiatan untuk merubah atau mengolah sesuatu menjadi lebih baik atau berbeda. Jika mengedit video berarti membuat seuah video agar menjadi terlihat lebih baik dari aslinya. Mengedit sendiri fungsinya adalah sebagai cara untuk menjadikan video bisa menjadi keren atau bahkan jika anda tidak mahir mengeditnya bisa menjadi buruk.

 

Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara mengedit ? atau anda tidak bisa mengedit ? sekarang jangan bingung anda tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi di pc/laptop untuk mengedit karena sekarang sudah banyak aplikasi android yang bisa digunakan untuk mengedit video dan sudah tersedia gratis di playstore.

3. Audio

Audio tergolong hal yang harus diperhatikan karena berkaitan dengan suara video yang akan di dengar oleh para penonton video nantinya. Hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan audio dari video yang jernih dan menggunakan smartphone adalah anda harus gunakan microphone eksternal untuk smartphone anda. Sehingga kualitas audio juga akan menjadi lebih baik.

4. Framing

Frame adalah hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat membuat vlog. Framing adalah sebuah “aturan", mengapa disebut aturan ? karena objek harus diletakan / di posisikan pas entah itu sebelah kiri pusat frame maupun sebelah kanan pusat frame. Hal ini harus lebih diperhatikan lagi apabila jika subjek memiliki unsur directionality. Sebagai contoh cara frame silahkan simak uraian berikut dibawah

Misalnya : jika frame close up seorang melihat dari kiri ke kanan, maka dalam frame orang tersebut harus sedikit ke kiri tengah. Mengapa demikian ? hal ini dikenal sebagai aturan pertiga yaitu konsep pada produksi film video dimana frame dibagi menjadi sembilan bagian imajiner. dimana anda harus menempatkan subjek pada 1/3 atau 2/3 dari keseluruhan lebar frame dan bukan menempatkan subjek tepat di tengah. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan saat membuat vlog / vlogging agar hasilnya memuaskan maka anda harus pelajari hal yang satu ini.

5. Time-lapse

Time-lapse adalah suatu teknik untuk mengabadikan proses yang panjang kedalam video singkat berdurasi hanya puluhan detik. Hal ini bermanfaat untuk mempersingkat waktu penayangan video, mengurangi ukuran video agar tidak terlalu besar. Mengapa saya berbicara bisa mengurangi ukuran video agar tidak terlalu besar ? hal ini di karenakan pemakaian atau penerapan teknik ini bisa di terapkan untuk pertumbuhan tanaman misalnya.

Apakah mumgkin anda akan menyimpan video nya tanpa di edit ? sedangkan proses pertumbuhan tanaman memerlukan waktu berhari-hari bayangkan berapa puluh gigabyte yang anda butuhkan hanya untuk satu video saja ? oleh karena itu dengan adanya teknik ini anda mampu menyajikan sebuah video yang panjang / sebuah proses tetapi hanya berdurasi beberapa detik saja.

Bagaimana beberapa cara mebuat vlog untuk channel youtube sangat bermanfaat bukan ? selamat mencoba dan semoga hasil vlog anda bagus. Dan perlu diingat tidak selamanya vlogging dengan hasil yang keren harus menggunakan biaya yang mahal pula jika anda mempunyai smartphone yang sudah tergolong canggih mengapa tidak anda gunakan ? semoga sekarang ponsel kesayangan anda bisa menjadi alat yang bisa menghasilkan video vlogging yang memuaskan dan keren.

 

Bagikan :