Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet
eaSYstem   11 Agustus 2018   Dibaca 247 kali  

   laptop adalah suatu alat yang sudah sangat penting dikehidupan kita terutama bagi orang yang berkecimpungan dan bekerja dibagian komunikasi dan jaringan telah menjadi sebuah kebutuhan penting bagi sebagian besar orang. Dimana keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan, tugas sekolah, atau bahakan untuk sarana hiburan seperti game, film dan lainnya. Kepraktisan serta kemampuannya untuk-tugas tugas berat memang membuat laptop belum bisa digantikan perangkat lain.
Meskipun dapat digunakan secara mobile, salah satu kelemahan laptop adalah daya baterai yang drop ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, hal tersebut dapat kita hindari jika kita melakukan merawat baterai laptop dengan benar.  Pola penggunaan laptop menjadi faktor utama penyebab baterai drop dan tidak awet. Nah untuk menjaga laptop tetap awet berikut ini saya berikan tips 
1. Tidak boleh menggunakan laptop secara berlebihan. Laptop tidak didesign untuk kebutuhan yang berat dalam jangka waktu lama seperti untuk kebutuhan grafisediting, ataupun bermain game, sehingga apabila kita menggunakan laptop untuk kebutuhan – kebutuhan yang membutuhkanresourcebesar seperti tadi, maka akan menyebabkan konsumsi daya menjadi tinggi, dan akan cepat meyebabkan baterai menjadi panas, efek panjangnya juga akan mempengaruhi dalam hal kapasistas penyimpanan daya baterai itu sendiri. maka dari pada itu tidak diperkenankan menggunakan laptop yang berlebihan.
2. Jangan sampai baterai low atau membiarkan daya baterai hingga 0%. Menggunakan laptop hingga baterai kosong dapat meningkatkan wear level pada baterai, dan juga dapat memperpendek umur dari laptop itu sendiri karena komponen – komponen yang tadi bekerja saat laptop digunakan, tiba –tiba mati karena kehabisan daya dari baterai laptop tersebut.
3. kita harus menCabut charger ketika daya sudah terisi100%. Membiarkan laptop terus di charger dalam kondisi baterai 100% juga tidak baik dampaknya terhadap baterai, karena dapat mengurangi umur baterai. atau baterai kita akan cepat drop.
Oke, kita sudah tahu hal – hal yang dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas penyimpanan daya baterai laptop kita. Nah memasuki acara yang ditunggu – tunggu, kita langsung saja bahas bagaimana cara menjaga baterai laptop agar awet dan tahan lama, langsung saja.

dan ini ada sedikit tips Tips lagi Agar Baterai Laptop Tahan Lama

  1. Jangan letakkan laptop atau menggunakan laptop diatas tempat yang sirkulasi udaranya buruk, misalnya diatas kasur, ataupun bantal. Hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop menjadioverheat
  2. Cas atau mengisi daya baterai laptop dalam keadaan mati, hingga baterai penuh.
  3. jika ada Gunakan stabilizer untuk menjaga agar tegangan listrik yang masuk ke baterai stabil, hal ini dapat membantu menghindarkan dari tengangan listrik yang naik turun, yang dapat berpengaruh terhadap kinerja baterai laptop kita.
  4. Jangan membirkan daya baterai hingga 0% atau habis total atau mati, jika baterai sudah limit segera charge. atu lepas carger pada laptop.
  5. Lakukan fully discharged secara teratur, dan juga jangan terlalu sering, misal sebulan sekali. atau 1x dalam 30 hari haha sama saja gan.
  6. harus terus mengecek tingkat wear level baterai kita,saya gunakan software HW Monitor buat mengecek tingkat wear level yang ada dilaptop.
Kira – kira begitulah sedikit banyak tentang cara atauTips Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Habis semoga bermanfaat buat kita semua karna disini saya juga masih belajar jangn lupa share pengetahuan kalian agar orang lain yang membutuhkan bisa tau juga tentang apa yang belum mereka ketahui sekali lgi informasi itu penting buat kita semua.
 

Bagikan :