Perbedaan Antara Shutdown, Hibernate, Sleep dan Logoff
eaSYstem   31 Juli 2018   Dibaca 176 kali  

Hallo kawan-kawan kali ini saya mau memberitahu Perbedaan Antara Shutdown, Hibernate, Sleep dan Logoff.

Sudah lama punya PC (laptop atau komputer), tapi taunya cuma matikan dan nyalakan saja. Padahal program lainnya hampir sama fungsinya jika kalian sering pakai. Misalnya sleep itu hampir sama seperti hibernate dan shutdown, tapi juga ada bedanya. Nah, agar tidak bingung apa saja bedanya, berikut ini Perbedaan Antara Shutdown, Hibernate, Sleep dan Logoff.

Shutdown

Fungsi dari shutdown pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian, kalian cuma klik tombol shutdown, lalu PC akan mati secara total. Nah, mati secara total di sini maksudnya PC menghentikan setiap proses yang berjalan lalu mematikan setiap komponen komputer. Jika kalian tidak ingin menggunakan PC dalam jangka waktu lama, cara ini cocok sekali agar PC tidak cepat rusak, karena sering menyala.

Shutdown Secara Singkat

  • Menutup semua program dan aplikasi berjalan
  • PC mati total
  • Processor mati total
  • Saat dinyalakan kembali pasti lambat karena processor baru dinyalakan dan harus loading semua program pada komputer agar siap di gunakan

Hibernate

Fungsi dari hibernate sama seperti shutdown, bedanya pada saat dimatikan (mengosongkan memori RAM), isi dari RAM disalin ke dalam hardisk terlebih dahulu sehingga saat dihidupkan kembali, proses booting tidak terlalu lama.

Nah, fungsi yang paling bermanfaat, yaitu saat kita tinggalkan PC dengan waktu yang cukup lama, PC (notebook, laptop) bisa menghemat listrik dan data yang belum kita simpan tidak akan hilang walau pun tidak ada daya listrik, kecuali komputer.

Biasanya mode hibernate ini diperuntukkan pada Laptop atau Notebook. Secara teknis PC (laptop, notebook) akan dalam kondisi hampir sama seperti shutdown.

Hibernate Secara Singkat

  • Tidak menutup semua program dan aplikasi berjalan
  • PC mati total
  • Processor tidak mati total
  • Saat dinyalakan kembali lebih cepat dari pada saat shutdown dan processor lebih cepat loading semua service seperti background, tema, network data, dll.

Sleep

Mode sleep hampir sama seperti mode hibernate, setiap proses yang berjalan akan disimpan di RAM, tetapi tidak disimpan di harddisk. Jika daya listrik hilang, habis atau PC mati total, maka habis juga data yang belum kalian save alias data hilang.

Perbedaan yang signifikan antara sleep dan hibernate, yaitu bisa dilihat dari lampu indikator yang menyala, jika kalian pakai Laptop atau Notebook. Jika menggunakan mode sleep lampu indikator PC tetap menyala, menandakan PC tetap butuh daya listrik walau pun keadaan PC mati (bukan mati total).

Sedangkan mode hibernate tidak ada tanda apa pun yang berarti, walau pun PC mati total, tidak ada listrik, ketika PC dinyalakan, data yang belum kita save masih tetap utuh, tidak hilang, tetapi ketika loading boot menuju start akan sangat lama.

Sleep Secara Singkat

  • Tidak menutup aplikasi atau program berjalan
  • PC tidak mati total, biasanya ditandai dengan lampu indikator berkedip
  • Processor tidak mati total
  • Saat dinyalakan kembali lebih cepat dari shutdown dan hibernate karena tidak perlu melakukan booting ulang.

Log Off

Mode ini digunakan untuk mengganti akun log in PC. Data yang belum disimpan akan hilang, PC tidak mati total.

Kesimpulan :

– Shutdown perlu tekan tombol power ketika ingin menyalakan PC.
– Hibernate dan sleep hanya perlu tekan sembarang tombol pada mouse atau keyboard untuk menyalakan PC.
– Mode shutdown tidak akan menyimpan data ketika PC mati.
– Mode hibernate menyimpan data walau pun PC mati.
– Mode sleep menyimpan data walau pun PC mati, tetapi harus ada daya agar data tidak hilang saat PC keadaan mati sementara.
– Logoff menutup semua program atau aplikasi, tetapi PC tidak mati, karena fungsinya untuk ganti akun login PC.

Itulah sedikit informasi mengenai Perbedaan Antara Shutdown, Hibernate, Sleep dan Logoff. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

 

Bagikan :