Cara memperbaiki SIM Card tidak terdeteksi/tidak ada sinyal di Ponsel Android
eaSYstem   31 Juli 2018   Dibaca 231 kali  

Kesalahan pada Kartu SIM Card biasanya terjadi ketika Anda memasukkan kartu SIM dengan tidak benar. Ini adalah alasan paling umum kenapa kartu SIM card anda tidak terdeteksi di ponsel android, tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa ponsel Anda tidak mendeteksi SIM Card. Hal ini bisa juga disebabkan oleh perangkat lunak perangkat Anda juga. Ada kemungkinan bahwa kartu SIM yang sudah dimasukkan secara benar namun perangkat Anda tidak membacanya karena kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak/sistem di android anda. Dengan kata lain, ini juga mungkin menunjuk ketidakmampuan perangkat Anda untuk memeriksa jaringan yang disebabkan terjadinya kerusakan sistem pada android anda.

Berikut langkah-langkah mengatasi masalah tersebut!

1: Restart perangkat android Anda

Mari kita mulai dengan cara tercepat dan termudah untuk memecahkan masalah. Ketika merestart telepon Anda sama dengan merefresh(menyegarkan) sebagian besar perangkat lunak yang memiliki kesalahan kecil dapat diselesaikan hanya cukup dengan merestart perangkat android. Jadi merestart perangkat android Anda  memungkinkan untuk perangkat Android Anda membaca SIM Card yang tadinya tidak terdeteksi. Jika cara ini belum menyelesaikan masalah anda mari kita lanjut ke cara ke 2

2: Memeriksa tray SIM Card

Matikan perangkat Anda dan kemudian keluarkan kartu SIM dari perangkat anda . Ada kemungkinan bahwa debu yang ada pada ponsel menjadi sebab masalah SIM Card tidak terbaca oleh perangkat android.Cobalah untuk Meniup debu pada Kuningan SIM Card dan bersihkan SIM CardAnda dengan lembut tanpa merusak bagian-bagiannya. Kemudian masukkan kembali SIM Card anda ke perangkat android.Cobalah hidupkan kembali android anda dan Periksa apakah sekarang SIM card anda sudah terdeteksi? Jika belum mari kita lanjut ke tahap ke 3.

3: Beralih Mode Pesawat  (Plane Mode)

Ok,Sekarang kita sudah memastikan tidak ada masalah dengan kartu SIM anda, Sekarang cobalah untuk beralih ke modus Airplane (Pesawat). Banyak orang berhasil setelah melakukan tips ini.

  • Tap pada mode Airplane Mode
  • Tunggu selama 30 detik dan matikan kembali  Mode pesawat.

Setelah mode Pesawat dimatikan, perangkat Anda akan mencoba untuk mencari jaringan. Jika ia mampu mencari jaringan maka masalah Anda terselesaikan pada tahap ini. Jika belum mari kita lanjut kembali ke cara ke 4.

4: Mengatur Mode Jaringan ke Otomatis

Kadang-kadang, modus jaringan Anda mungkin telah keliru. Rubahlah Mode jaringan ke Otomatis

 

Cara ini akan memastikan bahwa perangkat Anda dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang tersedia. Misalnya anda menyetting secara manual ke 4G Only, jika nanti anda berpergian ke daerah yang tidak terjangkau oleh 4G maka otomatis  indikator sinyal di android anda akan menampilkan No Signal.

otomatis-sim

Jika belum berhasil juga mari kita lanjut ke langkah ke 5

5: Pilih Operator jaringan yang tepat

Pastikan operator jaringan anda pada perangkat android sudah sesuai dengan kartu SIM yang anda pakai untuk memastikannya , ikuti langkah berikut:

  • Pergi ke menu Settings
  • Tekan pada Jaringan dan kemudian pergi ke Jaringan Mobile
  • tekan pada Jaringan Operator
  • Tekan pada opsi yang mengatakan Cari Networks/Cari Jaringan
  • Tunggu proses pencarian ini beberapa saat, sampai perangkat anda menemukan jaringan yang sesuai dengan kartu yang anda gunakan.

manual-set-network

Anda dapat menggunakan cara  ini pada semua perangkat Android .

Ok, apakah sudah berhasil ?

5. Cek masalah dengan sinyal  ponsel

– Dial * # * # 4636 # * # *
– Maka akan tampil menu pengujian
– Klik informasi telepon / perangkat
– Jalankan tes ping
– Pilih GSM Auto (PRL)
– Klik Matikan radio
– Hidupkan Kembali

– Restart Ponsel Anda

6: Reset Ulang perangkat anda ke setelan pabrik.

Yup… ini adalah senjata pamungkas untuk mengatasi masalah ini, jangan lupa backup dulu data anda. sekian dan terima kasih

 

Bagikan :