3 Cara screenshot di laptop/pc
eaSYstem   30 Juli 2018   Dibaca 230 kali  

ketika kita melihat ada hal yang menarik atau gambar yang menarik pasti kita akan mengabadikan moment tersebut seperti hal nya dalam smartphone kita bisa mengambil gambar seperti yang ada dalam layar smartphone namun seringkali kita juga ingin mengabadikan gambar yang terdapat pada pc ataupun laptop kali ini kami akan memberikan sedikit cara melakukan pengambilan gambar atau yang sering disebut screenshot

inilah 3 cara menscreenshot dalam pc ataupun laptop

1. Menggunakan tombol PrtSc

Menggunakan tombol PrtSc atau Print Screen untuk mengambil screenshot pada layar sangatlah mudah, caranya sebagai berikut:

1. Misalkan disini saya ingin screenshot tampilan website Nesaba Media. Silakan tekan tombol PrtSc atau Print Screen yang biasanya terletak di pojok kanan atas keyboard.

cara screenshot di laptop

2. Kemudian buka program Paint dengan cara mengetikkan “paint" pada Start Menu. Tampilan programnya kurang lebih seperti ini:

program paint

3. Setelah itu tinggal klik kanan > Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V.

cara screenshot di laptop dengan mudah
Kekurangan metode ini, kita tidak bisa menentukan sendiri area mana saja yang ingin kita screenshot. Jadi cara ini saya rasa kurang sempurna untuk keperluan mengambil screenshot.

2. Menggunakan tombol Alt+PrtSc

 

Metode ini digunakan untuk screenshot jendela program atau aplikasi yang aktif saja, bukan full screen. Caranya sebagai berikut:

1. Tentukan dulu jendela program mana yang ingin anda screenshot. Pada contoh kali ini saya hanya ingin screenshot layar program Excel saja. Jadi terlebih dahulu arahkan cursor pada jendela Excel, kemudian tekan tombol Alt+Prtc.

2. Sama halnya dengan cara pertama, buka program Paint kemudian pastekan dengan cara klik kanan > Paste atau dengan menekan tombol Ctrl+V. Hasilnya nanti seperti ini:

cara screenshot di laptop tanpa aplikasi

Kekurangan metode ini hampir sama seperti cara pertama, kita masih belum sepenuhnya leluasa menentukan area mana saja yang ingin kita screenshot, kita hanya dibatasi mengambil screenshot pada jendela program yang aktif saja.

3. Menggunakan Snipping Tool (Direkomendasikan)

Snipping tool ini merupakan program bawaan windows yang fungsinya memang digunakan untuk melakukan screenshot layar. Berikut cara screenshot menggunakan Snipping Tool:

1. Buka program Snipping Tool dengan cara mengetikkan “snipping tool" pada Start Menu. Atau anda juga bisa membukanya dengan menekan tombol Ctrl+R, lalu ketikkan snippingtool kemudian tekan Enter.

2. Untuk melakukan screenshot, tinggal klik New kemudian screenshot area yang anda inginkan.

cara screenshot di laptop dengan PicPick

Ada beberapa pilihan pada Snipping Tool yang bisa anda gunakan untuk keperluan screenshot layar, beberapa diantaranya:

jenis-jenis snipping

  • Free-form Snip : Digunakan untuk menyeleksi bebas (tidak beraturan).
  • Rectangular Snip (default) : Digunakan untuk menyeleksi layar laptop atau PC secara persegi.
  • Window Snip : Penggunaannya sama seperti Alt+Prtc, yakni untuk menyeleksi jendela program yang aktif saja, bukan full screen.
  • Full-screen Snip : Digunakan untuk screenshot satu layar penuh. Sama seperti pada metode pertama.

Menggunakan program Snipping Tool untuk keperluan mengambil screenshot saya rasa sudah lebih dari cukup. Snipping Tool ini merupakan program bawaan windows, jadi anda tidak perlu mendownloadnya dari internet.

 

 

 

Sumber        : www(dot)nesabamedia(dot)com

 

Bagikan :