6 Bahaya Tidur Setelah Makan Yang Pasti Terjadi
eaSYstem   28 Juli 2018   Dibaca 252 kali  

Pada dasarnya, makan sebelum tidur memiliki efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa bahaya yang muncul karena kebiasaan makan sebelum tidur :

1. Obesitas

Bahaya tidur setelah makan yang pertama adalah obesitas, ini bukan hanya sekedar menambah berat badan loh yah. Obesitas disini dapat membuat anda melar berkali kali lipat. Salah satu dampak buruk yang mungkin terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur adalah naiknya berat badan anda secara drastis.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Perlu anda ingat, bahwa setiap makanan dan cemilan yang masuk ke dalam tubuh anda memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.

Ketika asupan kalori masuk ke dalam tubuh anda, dan tidak ada aktivitas lain yang anda lakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan sangat membantu anda menambah berat badan secara drastis, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan.

2. Diabetes

Diabetes merupakan efek domino dari terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh anda dan kegemukan yang disebabkan oleh kebiasaan tidur setelah makan . Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur, maka bersiaplah dengan munculnya penyakit ini, yang disebabkan oleh penumpukan lemak yang terjadi di dalam tubuh anda.

3. Serangan Jantung

Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian – bagian pembuluh darah anda. hal ini akan meningkatkan resiko anda dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor – faktor lainnya. Penumpukan lemak tersebut dapat terjadi karena kebiasaan buruk dalam makan sebelum tidur, yang membuat lemak dan kalori tidak akan terbakar. Serangan jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

4. Acid Reflux

 

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan anda. hal ini disebabkan ketika anda langsung berbaring dan berusaha untuk tidur setelah mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari.

Ketika anda mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung anda akan keluar dan bekerja, namun ketika anda langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan anda. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan anda ketiga anda bangun pada pagi hari keesokan harinya.

5. Heart Burn

Penyebab dari heart burn ini sama seperti penyebab pada acid reflux.. Kondisi heart burn terjadi ketika anda merasakan rasa panas dan tidak nyaman pada bagian dada setelah anda mengkonsumsi makanan berat atau camilan sebelum tidur.

Hal ini sama – sama disebabkan oleh asam lambung yang naik ke bagian rongga dada anda, sehingga menimbulkan efek panas dan tidak nyaman pada bagian rongga dada anda. namun demikian, kondisi heart burn ini jarang terjadi, pada kondisi normal.

6. GERD ( Gasteophageal Reflux )

GERD atau Gasteophageal Reflux merupakan domino effect dari heart burn. Apabila anda merasakan gejala heart burn yang sering muncul ketika anda mengkonsumsi makanan berat ataupun camilan sebelum anda tidur, maka anda harus memeriksakannya ke dokter, karena ada kemungkinan anda menderita GERD atau Gasteophageal Reflux tersebut.

 Sumber : ngopy(dot)com *dengan sedikit perubahan

 

Bagikan :