MACAM-MACAM ALAT PENYIMPANAN PADA KOMPUTER
eaSYstem   25 Juli 2018 | update 30 Juli 2018   Dibaca 290 kali  

Hai sobat kali ini saya akan membahas mengenai kategori penyimpanan komputer yang mana ini ditujukan bagi yang baru mengenal komputer terutama dengan macam macam alat penyimpanan. Tentunya alat – alat penyimpanan semua ini berfungsi sebagai penyimpanan data yang bisa dibaca atau dibuka seperti laptop atau notebook.

Disini terdapat 2 kategori media penyimpanan dan beberapa macam alat penyimpanan komputer, diantaranya :

  • Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)

Media penyimpanan magnetik bersifat non volatile artinya data tersimpan dalam media penyimpanan meskipun sudah tidak ada daya listrik yang mengalir. Ada beberapa media penyimpanan Magnetik dianataranya :

  1. harddisk

Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Ada beberapa jenis hardisk yang dapat kita ketahui, diantaranya : hardisk ATA, SATA, dan SSD

  1. Flashdisk

Seperti yang kita tahu, flashdisk merupakan alat penyimpanan yang paling mudah dibawa kemana-kemana, karena ukurannya yang relatif kecil. Tidak hanya itu, meskipun ukurannya kecil flashdisk mempunyai memori atau tempat penyimpanan yang lumayan besar, ada yang 2GB, 4GB, bahkan sudah ada yang mencapai 1TB atau 1024 GB. Nama lain dari Flashdisk sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, Pocket Drive.

  1. Disket

Floppy disk adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi dan ada juga yang berbentuk persegi panjang dengan daya penyimpanan pada umumnya sebesar 1,44 MB.

 

  • Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
  1. CD

CD adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul. CD juga mempunyai diameter luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB.

  1. DVD

DVD merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB.

  1. Sinar biru

Jika sebelumnya ada CD dan DVD, versi selanjutnya yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB.

  1. Berpendar

Fluorescent merupakan yang saat ini menempati media penyimpanan yang paling besar, betapa tidak dengan kapasitas penyimpanannya sebesar 140 GB mampu membaca data sebesar 1GB perdetik. Biasa disebut juga FM Disk, permukaannya yang transfaran bisa dilihat dari sisi depan atau belakang, karena dua sisi tersebut bisa digunakan untuk penyimpanan data alias Multilayer.

Sekian pembahasan saya mengenai Macam macam Media Penyimpanan Pada Komputer. Semoga bermanfaat.

 

sumber : https://yoandapriantosaafifudin.wordpress.com

 

Bagikan :