8 Relaksasi Unik Agar Tubuh Lebih Bugar
eaSYstem   23 Juli 2018   Dibaca 202 kali  

 

Tak bisa dipungkiri kesibukan yang padat kadang bisa membuat pikiran menjadi penat dan tubuh menjadi letih. Sekilas hal ini memang tampak biasa terjadi dan akan hilang dengan sendirinya. Kenyataannya, stres yang melanda tak bisa hilang dengan sendirinya. Perlu adanya relaksasi agar tubuh bisa kembali bugar. Beberapa di antaranya tersaji dalam ulasan sebagai berikut.

Meditasi
Melakukan meditasi selama beberapa menit setiap hari terbukti dapat membuat tubuh lebih rileks dan tak mudah waswas. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Robbie Maller Hartman, PhD, Psikologis Chicago yang mengatakan meditasi dapat mereduksi tingkat stres yang ada dalam otak.

Tarik napas
Ketika Anda merasa stres tariklah napas dalam-dalam dan lakukan selama lima menit. Judith Tutin, PhD, Psikologis asal Roma, Italia, menyarankan untuk menarik napas dalam-dalam agar dapat membantu menurunkan ritme jantung dan tekanan darah hingga menjadi normal kembali.

Menatap ke depan
Sambil bernapas dalam-dalam, Judith Putin mengatakan agar wajah menatap ke depan. Sikap ini akan membuat tubuh lebih cepat tenang saat stres terjadi.

Bincang-bincang
Jika tak sempat untuk pergi ke luar lantaran kesibukan yang padat, lakukan bincang-bincang dengan teman di sosial media. Anda bisa berbagi cerita dan saling melempar lelucon. Stres pun bisa berangsur-angsur menghilang seiring dengan munculnya tertawa lepas dan rasa bahagia. 

Melemaskan tubuh
Sedikit membungkukkan badan dan pegang tumit kaki selama dua menit. Kemudian putar badan ke kiri dan kanan. Tak perlu repot-repot ke luar, cukup lakukan di atas kursi. Walau sederhana, melemaskan otot tubuh adalah kiat cepat dan efektif untuk mengusir kebosanan dan beban pikiran. Begitu yang disampaikan  Judith Tutin.

Mengompres kepala
Saat kepala terasa benar-benar terasa berat dan panas, ambillah sapu tangan dan celupkan dalam air es. Menurut Cathy Benninger, perawat sekaligus asisten profesor di Ohio State University Wexner Medical Center, kompreskan di atas kepala selama 10 menit hingga otak terasa dingin dan lebih tenang. Jika tidak ada, sebotol minuman dingin juga bisa langsung ditempelkan di dahi.

Tertawa keras
Ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Menonton video lucu atau komik bisa menjadi cara yang tepat untuk memicu kejenakaan dalam diri. Namun, jangan sampai mengganggu konsentrasi orang lain yang sedang bekerja.

Mendengarkan musik
Apabila tertawa keras mungkin agak susah dilakukan di kantor, mendengarkan musik bisa menjadi solusinya. Cathy Benninger menyatakan musik menjadi media yang paling ampuh untuk mengusir kecemasan, kekhawatiran dan kebuntuan berpikir yang menjadi pangkal stres.

Bila relaksasi ini bisa dimaksimalkan, maka Anda dapat menjalani hidup lebih bahagia. Beban pikiran menjadi lebih ringan dan tubuh tetap bugar di tengah-tengah padatnya kesibukan.

 

Sumber : ngopy(dot)com *dengan sedikit perubahan

 

Bagikan :