Bahaya menggunakan headset saat tidur
eaSYstem   11 Juli 2018   Dibaca 232 kali  

Mendengarkan musik adalah salah satu hal yang disukai hampir oleh semua orang, karena pada saat mengerjakan sesuatu lebih sangat menyenangkan apabila dilakukan sambil mendengarkan musik. Seperti di perjalanan menuju kantor, saat mengerjakan pekerjaan kantor, saat istirahat bahkan saat menjelang tidurpun akan lebih terasa menenangkan jika dibantu mendengarkan musik.

Tetapi, apakah Anda tahu, Maya Friends, jika terlalu sering mendengarkan musik dengan menggunakan headset tidak disarankan bahkan harusnya tidak diperbolehkan demi kesehatan, terutama pada saat tidur. Ada bahaya-bahaya yang bisa ditimbulkan lho. Berikut ini bahayanya :

       1.Menurunkan pendengaran

Disaat pengguna sedang tidur, sura yang didengar dalam volume tinggi dan waktu yang lama menyebabkan kerusakan pada penjalaran pendengaran pada koklea telinga (seperti keong) yaitu merusak sel rambut pada koklea. Pada saat menggunakan earphone ketika tidur, pengguna cenderung tidak menyadari lamanya menggunakan earphone.

       2.Merusak otak

Penggunaan earphone atau mendengar musik sambil tidur tidak membuat otak kita benar-benar dalam keadaan istirahat. Suara yang masuk masih membuat otak mengolahnya, sehingga mengurangi istirahat otak. Diduga, pemakaian earphone pada telinga saat mendengarkan musik, memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik ini lama-kelamaan dapat merusak sel-sel pada otak.

      3.Kerusakan permanen pada telinga

Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga, biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

So, mulai sekarang jika Anda masih mendengarkan musik menggunakan headset, ketahuilah durasi waktu Anda boleh mendengarkan musik dengan headset untuk mencegah kerusakan telinga, hanya selama 2 jam waktu terbaik menggunakan headset.

4. Melukai kulit telinga

Earphone umumnya dibuat oleh Produsennya senyaman mungkin agar betah dipakai oleh penggunanya. Salahsatunya adalah pemasangan perangkat karet atau silikon di ujung earphone agar tidak menyakiti telinga. Namun hal tersebut bukan berarti semua earphone terpasang dengan silikon pelindung. Banyak earphone yang dibeli dengan harga murah atau terjangkau namun ternyata tidak memiliki pelindung telinga berupa silikon tersebut.

 

sumber : www(dot)halosehat(dot)com

              www(dot)mayapadahospital(dot)com

 

Bagikan :