manfaat buah zaitun bagi kesehatan
eaSYstem   07 Juli 2018   Dibaca 154 kali  

Zaitun (olea europaea) merupakan salah satu buah yang banyak sekali manfaatnya dan buah nya pun dapat dimakan disaat mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyak nya di ekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. zaitun juga memilik banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Inilah beragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, di antaranya:

  • Kolesterol tinggi
    Manfaat minyak zaitun yang banyak diketahui masyarakat adalah bisa menurunkan kolesterol. Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolestrol buruk(LDL), namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda. Jika Anda ingin mencoba menurunkan kolesterol dengan minyak zaitun, Anda bisa mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun tiap hari. Anda juga bisa mencampurkannya dengan salad atau menggunakannya untuk menumis sayuran.
  • Penyakit jantungPenelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam minyak zaitun berperan dalam mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi sekitar empat sendok makan minyak zaitun tiap hari disebut bisa mencegah terjadinya serangan jantung.
  • Tekanan darah tinggiSebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa menjalani diet mediterania selama 4 tahun memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Data ini mendukung manfaat minyak zaitun yang dapat membantu mengontrol tekanan darah pada mereka yang berisiko terkena penyakit jantung.
  • Pencegahan Kanker  Pola makan sehat dengan menambah asupan minyak zaitun dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh. Hal ini kemudian bisa berdampak baik dalam pencegahan kanker. Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menelusuri manfaat minyak zaitun pada pencegahan kanker.
  • Mencegah terjadinya stroke  Sebagian orang yang mengonsumsi minyak zaitun, rupanya memiliki risiko terkena stroke jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi olive oil.
  • Menghindari obesitasSelain itu, olive oil rupanya tidak menambah berat badan dan dapat mencegah obesitas. Kandungan antioksidan yang tinggi pada olive oil dapat membantu pengolahan lemak dalam tubuh yang bisa berdampak baik dalam menjaga berat badan.

Sekilas itulah pengertian dan macam-macam manfaat dari buah zaitun

Sumber : www(dot)alodokter(dot)com

             

 

Bagikan :