Sejarah Bahasa Pemograman C
eaSYstem   04 Juli 2018   Dibaca 217 kali  

Kemunculan Sistem Operasi UNIX

Kisah dimulai dari dari sistem operasi UNIX, yang mana inilah tujuan awal dari pengembangan bahasa C.

Sekitar tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, Bell Labs, dan General Electric bekerjasama mengembangkan sebuah sistem operasi untuk komputer GE-645 mainframe. Pada era tersebut sebuah komputer bisa sebesar satu ruangan.

Sistem operasi ini dinamakan Multics (Multiplexed Information and Computer Services). Kemunculan Multics membawa banyak inovasi, namun bahasa pemrograman yang dipakai cukup kompleks.

Tidak ingin membuang banyak waktu dengan pengembangan Multics, peneliti dari Bell Labs lambat laun meninggalkan project tersebut, diantaranya adalah Ken Thompson, Dennis Ritchie, M. D. McIlroy, dan J. F. Ossanna.

Bell Labs sendiri merupakan sebuah laboratorium multi disiplin ilmu yang berlokasi di Murray Hill, New Jersey, Amerika Serikat. Saat itu Bell Labs berada di bawah perusahaan AT&T Corporation

Peneliti di Bell Labs mencoba mengembangkan ulang sistem operasi yang lebih sederhana dibandingkan Multics. Sistem operasi ini diberi nama Unics (Uniplexed Information and Computing Service), yang kemudian berubah nama menjadi UNIX.

Bahasa pemrograman C ini dikembangkan antara tahun 1969 – 1972 oleh Dennis Ritchie. Yang kemudian dipakai untuk menulis ulang sistem operasi UNIX. Selain untuk mengembangkan UNIX, bahasa C juga dirilis sebagai bahasa pemrograman umum.

Pada tahun 1978, Brian Kernighan dan Dennis Ritchie merilis buku “The C Programming Language", yang juga sering disebut sebagai “K&R" (singkatan dari nama penulisnya: Kernighan dan Ritchie). Buku “The C Programming Language" menjadi standar untuk buku programming modern, dan masih sering dijadikan bahan referensi bahasa C di kalangan akademisi.

 

Sumber : https://www.duniailkom.com

 

Bagikan :