Peluang usaha Kuliner Rumahan
eaSYstem   29 Januari 2018   Dibaca 246 kali  

Selama ini modal seringkali di anggap sebagai masalah utama dalam membangun suatu usaha atau bisnis. Pandangan seperti ini merupakan sebuah pendapat yang tidak salah, namun juga tidak seluruhnya benar. Perlu di ketahui pula, bahwa yang namanya modal utama ketika memulai usaha atau bisnis itu adalah keyakinan, niat dan tekad yang kuat untuk menjalankannya. Setelah itu disusul dengan perencanaan, ketekunan dan kerja keras. Barulah setelah itu memikirkan urusan modal yang berbentuk materi.

Di luar urusan modal, masalah lain yang sering menjadi beban pikiran bagi para pelaku usaha terutama yang baru masuk tahap perintisan adalah ide atau gagasan. Meski demikian masalah ini sebenarnya juga dapat di selesaikan dengan mudah asal mau kreatif.

Saat ini banyak sekali jenis peluang usaha yang tidak membutuhkan tempat khusus untuk berjualan yakni pelaku bisnis cukup melaksanakannya hanya dari rumah. Berbagai peluang dapat di pilih sesuai dengan bakat, kemampuan serta bidang usaha yang ingin di tekuni. Bahkan untuk pegawai negeri, karyawan swasta, mahasiswa hingga ibu rumah tangga bisa menjalankannya sebagai usaha sampingan.

Peluang Usaha Rumahan Bidang Kuliner

Usaha kuliner merupakan sebuah peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal besar tapi dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Jangan berpikir bahwa usaha ini tidak bisa laris karena manusia selalu butuh makan dan minum setiap hari.

Meski sekarang tingkat persaingan usaha tersebut tergolong ketat, tapi jika pintar melakukan kreasi pasti jadi mudah meraih kesuksesan. Peluang usaha bidang kuliner tersebut misalnya:

  1. Jualan Kue Dan Roti.

Inovasi tersebut merupakan jalan terbaik untuk menghadapi persaingan dari pelaku usaha lain yang menekuni bidang usaha yang sama. Bentuk dari inovasi tersebut misalnya menciptakan resep yang lebih baru dengan cita rasa yang lebih istimewa. Kemasannya juga dapat di buat dengan tampilan yang lebih unik dan menarik.

Usaha jualan kue dan roti tidak terlalu sulit untuk di jalankan. Bahkan dengan modal yang kecil, bisnis ini bisa saja di rintis dari rumah tanpa perlu menyewa tempat. Bagi Anda yang juga memiliki hobi atau keterampilan membuat kue dan roti, sangat cocok memilih jenis usaha yang satu ini sebagai sumber untuk mencari penghasilan utama atau tambahan.

Apabila di tekuni dengan serius, peluang usaha rumahan yang satu ini bisa mendatangkan laba yang sangat besar mencapai jutaan rupiah. Apalagi mampu menciptakan produk unik dan tidak ada orang lain yang bisa menyamainya. Tentu makin banyak orang yang tertarik ingin mencicipinya kemudian jadi pembeli tetap.

  1. Jualan Minuman Segar Atau Dingin

Minum sudah menjadi sebuah kebutuhan setiap manusia yang harus terpenuhi setiap hari. Menilik kondisi ini saja kita dapat mengetahui bahwa ada peluang bisnis yang bisa di ciptakan yaitu dengan berjualan minuman dingin atau segar. Minuman ini selalu laris terutama saat musim panas.

Usaha ini tidak butuh tempat yang luas, bahkan bisa di jalankan di halaman atau depan rumah menggunakan tenda kecil. Apalagi jika lokasinya dekat dengan komplek perumahan, pabrik, sekolah atau di pinggiran jalan raya.

Selain itu ada banyak sekali jenis minuman segar yang di gemari banyak orang dan mudah di jual. Misalnya minuman coklat dalam kemasan atau jus buah.

  1. Jual Air Isi Ulang

Di masa sekarang, usaha jualan air isi ulang tidak hanya dapat di jalankan di kota-kota besar saja namun bisa pula di rintis di desa-desa atau kampung. Kebutuhan air bersih terutama air minum terus mengalami peningkatan. Karena saat ini makin banyak orang yang lebih suka dan tertarik mengkonsumsi minuman air putih dalam kemasan di banding air putih rebusan sendiri.

Peningkatan terhadap kebutuhan air minum tersebut membuat usaha skala rumahan ini makin menunjukan prospeknya yang cerah. Selain itu nilai keuntungannya juga lumayan besar jika di tekuni dengan baik serta tidak membutuhkan tempat yang luas.

Ada tips umum untuk Anda yang akan terjun di bisnis ini:

Agar pembeli merasa puas dan jadi pelanggan tetap, berilah mereka layanan sebaik mungkin. Misalnya menyediakan fasilitas pengantaran minuman galon hingga ke rumah.

Selain itu sediakan sambungan telepon khusus untuk melayani pemesanan. Sehingga pelanggan tidak perlu keluar rumah ketika ingin mengisi ulang atau membeli air putih galonan tersebut.

  1. Menjual Gorengan

Bentuk dari peluang usaha rumahan lain yang hanya memerlukan modal sangat kecil adalah menjual gorengan. Makanan ini merupakan salah satu dari jenis kudapan yang sangat di sukai masyarakat karena harganya yang murah meriah. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga yang sudah berusia tua, terutama pada siang dan sore hari.

Meski sudah banyak yang menjalankan bisnis kecil ini, tetapi peluangnya masih cukup besar bahkan omzetnya dapat menembus angka jutaan dalam sehari saja. Terlebih lagi jika lokasinya dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, kampus, sekolah atau kompleks perumahan. Nilai laba yang di dapat bisa berlipat ganda.

  1. Jualan Kerupuk Dan Rambak

Kerupuk dan rambak adalah jenis makanan ringan yang terlihat sangat sederhana tetapi rupa-rupanya banyak di cari orang.

Keduanya sering di jadikan teman saat menyantap nasi atau ketika sedang santai misalnya nonton TV dan sebagainya. Modal yang di butuhkan untuk membuatnya juga sangat kecil, cukup ratusan ribu rupiah saja untuk membeli bahan, minyak dan alat penggorengan.

Pangsa pasar utamanya adalah masyarakat atau tetangga sekitar. Selain itu dapat di titipkan melalui warung makan atau kantin sekolah.

Tips berjualan kerupuk dan rambak:

Agar produk kerupuk dan rambak tersebut makin di sukai pelanggan, sebaiknya di buat dalam bentuk dan kemasan yang lebih baru dan menarik.

Aroma dan bumbunya juga harus di rubah, misalnya di tambah ikan dan udang yang sudah di haluskan dan sebagainya.
Dengan cara-cara tersebut, persaingan bisnis tersebut bisa di hadapi. Kemudian ketika bisnis ini telah berkembang dengan baik, pangsa pasar bisa di perluas ke rumah makan yang lebih besar atau toko-toko dan super market.

  1. Warung Sarapan Pagi

Peluang usaha rumahan di bidang kuliner selanjutnya adalah mendirikan warung yang khusus menyediakan menu sarapan pagi. Di lihat dari sisi waktu, usaha ini juga memiliki pangsa pasar yang sangat bagus. Karena saat ini makin banyak orang yang harus berangkat kerja pagi-pagi, sehingga tidak sempat memasak makanan sendiri untuk sarapan.

Usaha warung makan pagi dapat Anda buka di rumah sendiri. Contohnya dengan memanfaatkan halaman atau teras depan.

Beberapa jenis menu yang biasanya laris di sajikan antara lain bubur ayam, soto, nasi uduk, lontong dan lainnya. Selain itu dapat di tambah jenis minuman seperti kopi, teh atau susu hangat.

Menu-menu masakan dan minuman tersebut harus selalu di sajikan dalam kondisi yang bersih termasuk peralatan makan minum yang di gunakan.

Harganya tidak usah terlalu tinggi, sebab yang terpenting adalah pelanggan Anda puas. Jika sudah merasa seperti itu, pasti mereka akan selalu menjadikan warung tersebut sebagai tempat untuk menikmati sarapan pagi.

Sebagai tahap permulaan, jumlah menu masakannya tidak harus banyak tapi tetap memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Setelah pembeli mulai senang dan jadi pelanggan, variasi menu dapat di tambah agar dapat menarik orang lain untuk ikut singgah sambil menikmati sarapan.

  1. Bisnis Katering

Jangan pernah sekalipun berpikir bahwa bisnis katering ini membutuhkan modal yang sangat besar. Usaha ini bisa di rintis mulai dari skala rumah tangga, misalnya menerima pesanan dari lingkungan sekitar seperti arisan ibu-ibu PKK, ulang tahun anak tetangga dan sebagainya.

Bisnis katering merupakan peluang usaha yang sejak zaman dulu sudah di minati masyarakat dan hal ini terus berlangsung sampai sekarang.

Konsumen selalu berdatangan, karena makin banyak ibu-ibu yang harus bekerja di luar rumah. Mereka tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat masakan sendiri jika sedang mengadakan suatu acara.

Setelah nantinya berkembang dan mulai di kenal orang, usaha katering yang di jalankan bisa di promosikan ke dalam skala yang lebih luas misalnya ke kantor pemerintah dan swasta.

Selain itu Anda juga bisa menawarkan aneka menu masakan untuk makan siang para karyawan yang bekerja di kantor tersebut. Dari sinilah nantinya pelaku usaha katering akan mendapat pelanggan tetap.

  1. Rumah Makan

Usaha rumah makan merupakan salah satu bentuk perluasan bisnis warung makan pagi tetapi dengan karakter yang agak berbeda. Jika warung makan pagi hanya beroperasi pada pagi hari saja, namun untuk rumah makan harus buka sepanjang hari dari pagi hingga sore atau malam. Jadi usaha yang satu ini tidak bisa di jadikan sebagai usaha sampingan namun harus secara full time.

 

Meski demikian, modal yang di perlukan untuk merintis peluang usaha rumahan ini juga terbilang kecil jika hanya berupa rumah makan sederhana atau istilahnya kelas kaki lima. Hanya saja di balik kesederhanaannya, bisnis ini tetap memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan.

Keberhasilan dari usaha rumah makan adalah pilihan menunya yang tidak saja lezat tapi juga lengkap. Selain itu kebersihan ruang, tempat makan dan perabot makannya harus di jaga agar tidak kotor. Setelah itu di tambah dengan layanan yang ramah dan harga yang terjangkau.

Usaha rumah makan dapat di jalankan pada lokasi komplek perumahan, area sekitar kampus dan sekolah, kompleks perkantoran, pasar maupun tempat lain yang ramai dan sering di lewati orang.

Lokasi yang berdekatan dengan kost mahasiswa, terminal atau rumah sakit juga dapat di pilih untuk membuka usaha ini.

 

Sumber : http://blog.indonetwork.co.id (dengan sedikit perubahan)

 
Tags :
peluang usaha kuliner kuliner rumahan pelang usaha kuliner rumahan

Bagikan :