Tahukah Anda Bahwa Terlalu Sering Menekan Tombol F5 atau Me refresh Komputer Ternyata Berbahaya ?
eaSYstem   09 Juni 2017   Dibaca 1373 kali  

Sebelumnya, apa yang anda ketahui dari "refresh" itu sendiri? apakah dengan merefresh windows akan berjalan lancar? atau lebih cepat? anda mungkin berfikir akan merefreh RAM agar lebih enteng. Itu salah !Dari hasil survei kebanyakan pengguna windows sering menekan Tombol Klik kanan lalu klik Refresh pada desktop atau menggunakan tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5, Dengan maksud agar komputer lebih cepat bekerja, sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimanapun dan pada komputer siapapun akan melakukan hal yang sama.


Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak dapat dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser. Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam, pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.
Mengapa Dekstop Harus di Refresh?


Kita mungkin sering memperhatikan banyak pengguna komputer yang suka mengklik kanan mouse dan mengklik opsi “refresh" terus menerus, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru dari pengguna-pengguna sebelumnya.


Yang mengkhawatirkan dari mereka, mungkin karena mereka tidak tahu alasan sebenarnya mengapa mereka menekan tombol ini. Parahnya lagi, mereka yang memiliki alasan kuat mengapa mereka menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah tentang fungsi tombol refresh tersebut.


Pada situasi apa kita harusnya menggunakan "refresh" ini?


Kita mungkin perlu untuk merefresh atau menyegarkan desktop dalam situasi berikut ini :

  1. Desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya.
  2. Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.
  3. Kita menemukan ada ikon yang tidak bisa digunakan (diklik)
  4. File yang dibuat oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
  5. Dan situasi yang sama seperti di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah bila diharapkan.
  6. Ukuran Wallpaper yang melebihi ukuran Display
  7. Icon Hang atau Tidak muncul di Dekstop karena Cache tidak merespon

Kadangkala bila anda melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan. Nah, pada kasus ini, barulah anda perlu untuk melakukan refresh pada desktop anda untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop. Contohnya, anda telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad/date dsb. Saat anda menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut.


Jika anda menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang baru tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya.
Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer. Jadi, bila anda punya kebiasaan melakukan refresh pada desktop berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka anda sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena anda hanya membuang waktu dan perhatian anda untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya sia-sia saja.


Kesimpulannya adalah, Jangan terlalu sering menekan Tombol F5/nge-REFRESH, Jika ingin melakukan Refresh cukup sesekali saja dan tidak perlu berlebihan.


Jika anda masih penasaran apa saja bahaya akibat terlalu sering memencet tombol F5 atau me-refresh komputer, maka coba simak tulisan dibawah ini.

  1. Me-refresh Dekstop Tidak Akan Mempercepat Kinerja Komputer

Pernakah anda me-refresh komputer ketika baru saja menyala ? mungkin anda berpikiran bahwa hal ini bisa mempercepat kinerja komputer, justru sebaliknya hal ini adalah salah besar. Lambat atau cepatnya suatu komputer tidak ada hubungannya dengan refresh, justru terlalu sering menekan F5 bisa membuat komputer anda menjadi hang

  1. Sering Me-refresh Akan Membebani Processor dan Menaikan Suhu Processor

 Siapa bilang me-refresh komputer bisa mempercepat kinerja komputer, hal ini justru membebani processor komputer anda dan pada akhirnya akan membuat suhu pada processor menjadi lebih panas. Jika anda tidak percaya cobalah instal software pengukur suhu processor pada komputer dan buktikan sendiri.

Processor akan bekerja hingga 100 persen apabila anda terlalu sering menekan tombol F5, Kalau tidak percaya, coba buka Task Manager komputer anda (klik kanan di tasbar, pilih Start Task Manager kemudian pilih tab Performance). Nah, setelah dibuka, tekan F5 di desktop anda untuk me-refresh desktop.

  1. Me-refresh Komputer Tidak Akan Mempercepat Load Suatu Situs

Banyak orang yang menekan tombol F5 atau refresh desktop apabila halaman suatu situs yang sedang di bukanya lemot. Hal ini yang membuat saya tak habis pikir, bahkan dalam hati hanya bisa tertawa karena hal ini tidak mempercepat loading suatu situs tetapi yang sebenarnya dilakukannya adalah mengulur waktu dengan me-refresh agar dia tidak bengong nunggu halaman selesai dimuat.

  1. Membuat Komputer Menjadi Hang

Menekan tombol F5 atau refresh secara terus menerus justru akan membuat Komputer kesulitan untuk memuat ulang desktop dan lama kelamaan komputer akan menjadi hang. Fakta ini bisa terjadi pada komputer yang lambat atau komputer yang memiliki begitu banyak start up atau aplikasi berat didalamnya, sehingga dengan me-refresh secara berulang hanya akan menambah beban kerja pada komputer anda.

Itulah bahaya akibat terlalu sering menekan tombol F5 atau refresh pada komputer.

Demikian , semoga bermanfaat

 

 
Tags :
refresh komputer

Bagikan :